Selasa, 02 November 2010

Bisnis Kost-Kostan menguntungkan?

Alasan saya mencoba bisnis ini dikarenakan semakin melonjaknya harga tanah dan bangunan di daerah perkotaan. Maka dari itu saya berusaha mencari jalan keluar untuk masalah ini dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki tempat tinggal. Tujuan saya menjalankan bisnis ini selain demi mendapatkan keuntungan ataupun sebagai penghasilan tambahan, usaha ini sangat menjamin untuk kelangsungan hidup saya saat tua kelak.
Kebanyakan masyarakat melakukan urbanisasi dari daerah desa ke daerah kota untuk mencoba peruntungan ataupun menuntut ilmu di kota-kota besar. Jika dilihat dari prospek ataupun dari segi keuntungan, usaha yang saya jalankan ini termasuk dalam kategori baik, dan hasilnya sebanding dengan apa yang kita lakukan.
Seandainya saya memiliki modal sebesar Rp. 200 juta, saya menginvestasikan Rp.160 juta untuk usaha kosan dan sisanya 40 juta saya masukan ke kas cadangan apabila ada hal yang tidak terduga. Jika dalam penyewaan kosan 1 pintu sebesar 350 ribu / bulan dan saya mempunyai 4 pintu maka omset yang akan saya dapatkan sekitar 1,4 juta.
Jadi untuk dapat menarik hati para penyewa kita memberikan harga yang terjangkau dengan fasilitas yang baik serta mencukupi kebutuhan para penyewa, jika penyewa menginginkan fasilitas dengan kamar ber-AC kita tarifkan dengan harga 1 juta / bulan, sedangkan fasilitas yang biasa kita tarifkan harga 500 ribu / bulan.
Untuk menjaga keberhasilan atas usaha saya, saya harus benar-benar memperhatikan kondisi fisik bangunan kosan tersebut, dengan cara mengecat ulang agar terlihat menarik, memperbaiki kerusakan ringan seperti atap yang bocor, keran air mampet dan lain-lain. Jika ada yang berminat untuk menyewa kosan ini, kita mengadakan perjanjian dengan para penyewa untuk menjaga serta merawat semua fasilitas yang telah kami berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar