Senin, 18 Oktober 2010

Sikap dan Pandangan Seorang Pebisnis


Dalam menjalankan sebuah usaha, kita tidak boleh ‘asal-asalan’ dalam menjalankannya. Kita harus memiliki strategi yang jitu dan pandangan yang jauh kedepan mau dibawa kena bisnis anda. Khususnya bagi para pemula yang ingin merambah dunia bisnis, mereka perlu mencari suatu informasi, tips dan trik agar bisnis mereka bisa berjalan lancar. Tetapi tidak hanya strategi yang jitu, informasi, serta tips n trik yang lengkap, semua itu tidak akan berhasil tanpa diiringi oleh sikap/pandangan mereka tentang bisnis.
Berikut ini adalah beberapan sikap/ pandangan penting untuk seorang pebisnis :
1.   Visi  dan Misi yang jelas
Sebelum anda  memulai usaha, anda harus memiliki niat dan tekad yang kuat terlebih dahulu, anda juga harus memikirkan bisnis/usaha apa yang akan anda jalankan? Dan ini tidak boleh asal-asalan, karena ini akan menentukan masa depan usaha anda.
2.   Kreatif & Inovatif
Seorang wirausaha dituntut harus memiliki sikap ini. kreatif sangat penting dalam bagaimana anda menyiasati segala sumber daya yang ada agar dapat dijadikan sebagai sesuatu hal yang unik dan benilai. Dan Inovatif sangat diperlukan karena hal-hal baru/ide-ide baru yang cemerlang akan menjadikan usaha anda berbeda dengan yang lain.
3.   Semangat Dan Kerja Keras
“Suatu hal yang apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan mendapat hasil yang baik” demikian pepatah mengatakan. Namun pepatah tersebut bisa dijadikan acuan untuk kita karena Apabila kita bersemangat dan bekerja keras dalam menjalankan suatu usaha, bukan tidak mungkin kesuksesan akan menghampiri anda.
4.  Realistis
Seseorang dikatakan Realistis bila orang tersebut mampu menggunakan fakta/realita sebagai landasan berpikir yang rasionil dalam setiap pengambilan keputusan maupun tindakan/perbuatannya.
Banyak seorang calon wirausahawan yang berpotensi tinggi, namun pada akhirnya mengalami kegagalan hanya karena wirausahawan tersebut tidak realistis, obyektif dan rasionil dalam pengambilan keputusan bisnisnya. Karena itu dibutuhkan kecerdasan dalam melakukan seleksi terhadap masukan-masukan/sumbang saran yang ada keterkaitan erat dengan tingkat keberhasilan usaha yang sedang dirintis.
5.   Berani Ambil Resiko
Seorang pebisnis sejati harus berani. Berani dalam mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Banyak pebisnis yang tidak berani ambil resiko karena mereka takut merugi, tetapi apa mereka hanya perlu diam saja? Mereka perlu mengambil keputusan untuk kelangsungan usahanya. Walaupun mengalami kerugian anggap saja itu sebagai pelajaran untuk lebih baik kedepanya.
6.   Fleksibel
Entrepreneur harus fleksibel karena segala sesuatu berubah cepat. Entrepreneur sukses tahu cara menyesuaikan diri dengan tuntutan perubahan dari bisnis yang tumbuh dan berkembang dan mengembangkan keteram pi Ian-keterampi Ian untuk menghadapi kemajuan zaman.
7.   Optimis dan Pantang Menyerah
Kegagalan yang anda dapatkan  bukanlah menjadi halangan ataupun batu sandungan yang  akan menjadi menghalangi kemajuan usaha anda. Sikap optimis harus anda tanamkan dalam benak anda, yakinlah bahwa kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda, dan awal dari keberhasilan anda.

Itu merupakan beberapa pandangan/sikap penting yang harus anda miliki sebagai seorang pebisnis, minimal anda tanamkan pada diri anda. Apabila anda telah memiliki sikap-sikap tersebut, bisa dipastikan keberhasilan/kesuksesan akan anda raih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar