Sabtu, 14 Mei 2011

Investasi

Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva (harta) yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang
Pada dasarnya dalam berinvestasi tidak ditentukan syarat khusus  ataupun bentuk yang ingin diinvestasikan. Namun dalam kehidupan sehari-hari asa 2 bentuk investasi yang kita ketahui, diantarnya :
a.         Investasi property
Investasi property ini dapat berupa penanaman sejumlah uang dalam bentuk property, biasanya dilakukan adalah dalam bentuk emas, rumah ataupun tanah.
b.         Investasi ekuitas
Investasi ekuitas ini umumnya berhubungan dengan pembelian dan menyimpan saham stok pada suatu pasar modal oleh individu dan dana dalam mengantisipasi pendapatan dari deviden dan keuntungan modal sebagaimana nilai saham meningkat.
Mencari keuntungan dengan cara berinvestasi seperti ini tidaklah menutup kemungkinan terjadinya kerugian pada investor. Modal atau barang yang dijadikan investasi seringkali hilang ataupun rusak yang dikarenakan berbagai faktor, seperti faktor bencana alam maupun faktor manusia.

Tetapi kerugian seperti itu merupakan resiko dari investasi yang kita lakukan. Buktinya dengan beberapa faktor kerugian dan resiko yang mungkin saja di alami, para investor pun tetap meningkatkan investasinya dengan maksud agar keuntungan yang diperolehnya jika investasi tersebut berhasil dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar