Sabtu, 14 Mei 2011

Perdagangan Internasional

Pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendiri, demikian halnya negara. Setiap negara membutuhkan negara lain untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya agar dapat hidup makmur dan sejahtera. Kerja sama dalam bentuk hubungan dagang antarnegara sangat dibutuhkan oleh setiap negara.
Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan suatu negara dengan negara lain atas dasar saling percaya dan saling menguntungkan.
Perdagangan internasional ini dilakukan melalui kegiatan ekspor impor.

·      Ekspor adalah kegiatan menjual barang dan jasa dari dalam negeri ke luar negeri.
·      Impor adalah kegiatan membeli barang dan jasa dari luar negeri ke dalam negeri

Ada beberapa faktor yang mendorong semua negara di dunia melakukan perdagangan luar negeri. Faktor-faktor pendorong tersebut terdiri atas hal-hal berikut ini :
1. Perbedaan Sumber Daya Alam yang Dimiliki
Barang kebutuhan yang dapat dihasilkan oleh suatu negara tergantung pada sumber daya alam yang dimiliki. Perbedaan sumber daya ini juga tergantung pada kondisi wilayah di negara tersebut
2. Teknologi
Setiap negara memiliki teknologi yang berbeda, sehingga barang yang dihasilkannya juga berbeda. Perbedaan-perbedaan inilah yang memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih modern dan mengimpor mesin-mesin atau alat-alat yang lebih modern untuk mewujudkan teknik dan cara produksi yang lebih baik.
3. Penghematan Biaya Produksi
tidak semua barang yang diproduksi disuatu negara memiliki nilai ekspor tinggi, harus dilakukan pemilihan produk sehingga dapat menekan biaya produksi 

4. Perbedaan Selera
Setiap barang yang diproduksi dalam suatu Negara mungkin mempunyai kesamaan. Meskipun demikian setiap negara mempunyai selera yang berbeda-beda. Hal inilah yang mendorong kegiatan perdagangan antarnegara. 

Manfaat Perdagangan Internasional
Setiap Negara yang melakukan perdagangan internasional, sudah tentu merasakan manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat dari perdagangan internasional :
a) Meningkatkan Hubungan Persahabatan Antarnegara 
b) Kebutuhan Setiap Negara dapat Tercukupi
c) Mendorong Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
d) Mendorong Kegiatan Produksi Barang secara Maksimal 
e) Setiap Negara dapat Mengadakan Spesialisasi Produksi 
f) Memperluas Lapangan Kerja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar